NPM : 12513362
Waring Wera Wanua atau World Wide
Web (disingkat sebagai WWW atau Web) adalah suatu ruang informasi yang yang
dipakai oleh pengenal global yang disebut Uniform Resource Identifier (URI)
untuk mengidentifikasi sumber-sumber daya yang berguna. WWW sering dianggap
sama dengan Internet secara keseluruhan, walaupun sebenarnya ia hanyalah bagian
daripadanya.
WWW (World Wide Web), merupakan
kumpulan web server dari seluruh dunia yang berfungsi menyediakan data dan
informasi untuk dapat digunakan bersama. WWW atau biasa disebut web adalah
bagian yang paling menarik dari Internet. Melalui web, dapat mengakses
informasi-informasi yang tidak hanya berupa teks tetapi bisa juga berupa
gambar, suara, video dan animasi.
Fasilitas ini tergolong masih baru
dibandingkan surel (email), sebenarnya WWW merupakan kumpulan dokumen-dokumen
yang sangat banyak yang berada pada komputer server (web server), di mana
server-server ini tersebar di lima benua termasuk Indonesia, dan terhubung
menjadi satu melalui jaringan Internet. Dokumen-dokumen informasi ini disimpan
atau dibuat dengan format HTML (Hypertext Markup Language. Suatu halaman
dokumen informasi dapat terdiri atas teks yang saling terkait dengan teks
lainnya atau bahkan dengan dokumen lain. Keterkaitan halaman lewat teks ini
disebut hypertext. Dokumen infomasi ini tidak hanya terdiri dari teks tetapi
dapat juga berupa gambar, mengandung suara bahkan klip video. Kaitan
antar-dokumen yang seperti itu biasa disebut hypermedia.
Jadi dapat disimpulkan bahwa WWW
adalah sekelompok dokumen multimedia yang saling terkoneksi menggunakan
hyperteks link. Dengan mengklik hyperlink, maka bisa berpindah dari satu
dokumen ke dokumen lainnya.
- Sejarah
WWW adalah suatu program yang
ditemukan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991. Awalnya Berners-Lee hanya ingin
menemukan cara untuk menyusun arsip-arsip risetnya. Untuk itu, dia
mengembangkan suatu sistem untuk keperluan pribadi. Sistem itu adalah program
peranti lunak yang diberi nama Equire. Dengan program itu, Berners-Lee berhasil
menciptakan jaringan terkait antara berbagai arsip sehingga memudahkan
informasi yang dibutuhkan. Inilah yang kemudian menjadi dasar dari sebuah
revolusi yang dikenal sebagai web.
WWW dikembangkan pertama kali di
Pusat Penelitian Fisika Partikel Eropa (CERN), Jenewa, Swiss. Pada tahun 1989
Berners-lee membuat proposal untuk proyek pembuatan hypertext secara global,
kemudian pada bulan Oktober 1990, ‘World Wide Web’ sudah bisa dijalankan dalam
lingkungan CERN. Pada musim panas tahun 1991, WWW resmi digunakan secara luas
pada jaringan Internet.
2.Email
Email adalah sarana kirim mengirim
surat melalui jalur internet. E-Mail merupakan salah satu process pengiriman
surat melalui internet dengan menggunakan waktu yang sangat singkat dan cepat
(+- 1 Menit).
- Syarat melakukan pengiriman E-mail adalah:
- Membuat alamat email contoh: info@g-excess.com
- Mengetahui Username & Password dari email; “Account dan kata sandi”.
- Mengetahui E-mail yang di tuju.
Di internet sudah banyak penyedia
layanan Email gratis, seperti di www.yahoo.com, www.plasa.com, www.telkom.net, www.gmail.com. Anda bisa membuat email secara
gratis di sana.
- Perbedaan email dengan surat biasa (surat yang menggunakan prangko) adalah:
E-Mail:
- Hanya membutuhkan waktu yang sangat singkat (+- 1 menit)
- Alamat Email (alamat email bukanlah seperti alamat rumah)
- Cukup dengan adanya jaringan internet
- Keamanan data / surat terjamin.
Surat Biasa (Berperangko):
- Dengan surat biasa umumnya pengirim perlu membayar per pengiriman (dengan membeli perangko).
- Pengalamatan Rumah / Kantor
- Membutuhkan waktu lama
- Keamanan Surat kurang terjamin
- Manfaat Email
Tak dapat dipungkiri, email
merupakan satu alat yang paling penting dalam bisnis internet. Dimana kita bisa
melakukan kontak dan menjalin hubungan dengan pembeli secara teratur dan
regular. Adapun beberapa manfaat email diantaranya adalah seperti berikut ini:
- E-mail dapat menghubungkan kita dengan siapa saja yang terhubung di internet di seluruh dunia dengan biaya pulsa lokal.
- Dengan e-mail, data dikirim secara elektronik sehingga sampai tujuan dengan sangat cepat.
- Dapat mengirim kepada lebih dari satu orang dengan saat bersamaan.
- Dapat mempermudah komunikasi dengan orang yang ada di seluruh dunia.
- Digunakan untuk berlangganan informasi tertentu secara periodik.
Beberapa Fungsi Email dalam Alat
Komunikasi diantaranya adalah:
- Alat komunikasi yang mudah, murah dan cepat.
- Dapat mengirimkan file berupa program, gambar, grafik, dan file lainnya.
- Dapat mengirim ke beberapa orang sekaligus secara bersamaan.
- Dapat digunakan untuk mengirimkan surat atau ucapan selamat kepada keluarga di kampung halaman atau di luar negeri.
- Dalam bidang bisnis, untuk melakukan kesepakatan bisnis atau mengirimkan dokumen penting.
- Search Engine
Search engine adalah sistem database
yang dirancang untuk mengindex alamat-alamat website di internet . Untuk
melaksanakan tugasnya ini, search engine atau mesin pencari memiliki program
khusus yang biasanya disebut spider crawler. Pada saat Anda mendaftarkan sebuah
alamat website (URL), spider dari search engine tersebut akan menerima dan
menganalisa URL tersebut lalu mengcrawlnya.
Dengan proses dan prosedur yang
serba otomatis, spider ini akan memutuskan apakah web yang anda daftarkan layak
diterima atau tidak pada search engine tersebut. Jika layak, spider akan
langsung menambahkan alamat URL tersebut ke sistem database mereka.
Rangking-pun segera ditetapkan dengan algoritma dan caranya masing-masing. Jika
tidak layak, terpaksa Anda harus bersabar dan mengulangi pendaftaran diwaktu
yang lain. Jadi semua yang namanya search engine, pasti memiliki program yang
disebut Spider crawler. Dan program inilah yang sebenarnya menentukan posisi
web site Anda di search engine tersebut.
Contoh beberapa search engine
terkenal adalah : Altavista, Google, Excite, Northern Light, Hotbot, dan masih
bayak lagi. Berbeda dengan web directory yang meng-index halaman website di
internet secara manual. Manual yang dimaksud adalah mereka menggunakan orang
biasa untuk menganalisa setiap halaman web yang masuk. Tidak menggunakan spider
atau crawler seperti halnya search engine. Keunggulan directory dibanding
search engine adalah memberikan hasil pencarian yang lebih relevan dengan
kualitas yang relatif lebih baik. Tapi karena semua proses dilakukan secara
manual (menggunakan editor manusia), jumlah database yang dimiliki bisasanya jauh
lebih kecil dibandingkan dengan search engine.
Itulah sebabnya sekarang ini banyak
perusahaan yang mengelola directory menerapkan sistem ganda, yaitu menggunakan
directory + search engine. Contoh nyata adalah Yahoo yang menggandeng Google
sebagai search engine default-nya. Contoh beberapa directory terkenal selain
Yahoo adalah Open Directory Project, Looksmart, dan NBCi.
- Browser
Web Browser atau browser adalah
suatu program atau aplikasi yang digunakan untuk mencari sebuah informasi dari
suatu halaman Web/Blog. Awalnya Web Browser hanya berorientasi pada teks dan
belum dapat menampilkan gambar. Namun, Web Browser sekarang tidak hanya
menampilkan text dan gambar tetapi juga file multimedia seperti video dan
suara. Browser juga dapat mengirim dan menerima e-mail, mengelola bahasa HTML
(Hyper Text Markup Language) sebagai input, dan menjadikan halaman Web sebagai
hasil output yang informatif.
Browser juga bisa disebut sebagai
Jembatan antara pengguna Internet dengan Internet tanpa browser ini mustahil
para pengguna internet dapat memanfaatkan Internet. Dengan menggunakan web
browser ini juga, para pengguna Internet juga dapat mengakses dan memanfaatkan
berbagai informasi yang terdapat di Internet dengan mudah.
Pengertian browser tersebut sejalan
dengan istilah “browse” dalam bahasa inggris yang artinya melihat-lihat atau
membaca-baca. Arti browser oleh beberapa kalangan disamakan pula sebagai
“perambah”.
- Pengertian Browser Menurut Para Ahli
-
GUSTAF PAHALA FRANS
Browser merupakan aplikasi yang
digunakan untuk mengoperasikan internet, terutama sebagai media untuk melakukan
browsing, surfing, dan melakukan aktivitas di dunia maya lainnya
-
LIA KUSWAYATNO DKK
Browser merupakan perangkat lunak
yang digunakan untuk membuka website dengan cara mengisi alamat situs tersebut
pada kotak address.
- Cara Kerja Web Browser
Misalkan seorang yang bernama A
ingin membuka sebuah blog, kemudian dia akan mengetikkan alamat url dari blog
yang dituju pada browser. Kemudian alamat tersebut akan dilewatkan oleh suatu
protocol HTTP melewati port 80 atau 443 pada server. Web browser akan
mengirimkan suatu aturan yang biasa disebut protocol, protocol yang biasa
digunakan adalah TCP/IP. Setelah dikirimkan ke web server, maka web server akan
merespon request dari web browser tersebut. Web server akan memeriksa web file,
apakah ada atau tidak alamat yang di request oleh browser tadi dan mengirimkan
kembali, lalu browser akan menerjemahkan coding HTML yang dikirimkan oleh
server menjadi suatu halaman web. Namun jika halaman tersebut tidak ada di
dalam web server maka respon yang dikirimkan berupa pesan dengan kode 404 yang
berarti tidak ditemukan.
- Situs Browser Terkenal Dunia
- Firefox
Mozilla Firefox (aslinya bernama
Phoenix dan kemudian untuk sesaat dikenal sebagai Mozilla Firebird) adalah
penjelajah web antar-platform gratis yang dikembangkan oleh Yayasan Mozilla dan
ratusan sukarelawan.
Versi 3.0 dirilis pada 17 Juni 2008.
Situs : http://www.mozilla.com/firefox/
- Google Chrome
Google Chrome adalah sebuah
penjelajah web sumber terbuka yang dikembangkan oleh Google dengan menggunakan
mesin rendering WebKit.
Proyek sumber terbukanya sendiri
dinamakan Chromium.
Situs : http://www.google.com/chrome
- Internet Explorer
Internet Explorer, disingkat IE atau
MSIE, adalah sebuah browser web proprieter yang gratis dari Microsoft.
- Opera
Opera adalah penjelajah web dan
paket perangkat lunak Internet antar-platform.
Opera terdiri dari kumpulan
perangkat lunak untuk Internet seperti penjelajah web, serta perangkat lunak
untuk membaca dan mengirim surat elektronik.
Situs : http://www.opera.com/download/
- Safari
Safari adalah sebuah penjelajah web
buatan Apple Inc. yang awalnya ditujukan khusus bagi sistem operasi Mac OS.
Safari dibundel bersama Mac OS X dan
merupakan penjelajah web default di sistem operasi tersebut sejak Mac OS X
v10.3.
- Maxthon
Maxthon adalah browser yang
menggunakan engine milik IE, Trident, dan 100% kompatibel dengan IE, ditambah
dengan berbagai fitur yang tidak dimiliki oleh IE.
Situs : http://www.maxthon.com/
- Flock
Flock adalah sebuah penjelajah web
yang berspesialisasi pada penyediaan fitur jaringan sosial dan fitur Web 2.0
lain pada tampilan antarmukanya. Browser ini dibuat menggunakan codebase
Mozilla’s Firefox Pada tanggal 16 Juni 2008, Flock 2 yang menggunakan Mozilla
Firefox 3 sebagai basisnya, diluncurkan dengan status open beta.
Situs : http://flock.com/
- Avant Browser
Avant Browser adalah browser yang
cepat, stabil, user-friendly, dan merupakan multiwindow browser.
Memang engine yang dipakai adalah
engine IE. Akan tetapi Avant Browser memiliki kelebihan dibandingkan IE.
- Deepnet Explorer
Deepnet Explorer adalah sebuah
penjelajah web, Deepnet Explorer sudah mendukung fitur tab browsing untuk
halaman multiple
Situs : http://www.deepnetexplorer.com/
- PhaseOut
PhaseOut adalah internet browser
yang memungkinkan beberapa pencarian dengan mesin pencari utama hanya dengan
satu klik.
Situs : http://www.phaseout.net/
- Chatting
Chatting adalah suatu feature atau
program dalam jaringan Internet untuk berkomunikasi dan bersosialisasi langsung
sesama pemakai Internet yang sedang online (yang sedang sama – sama menggunakan
Internet). Komunikasi bisa berupa teks (text chat) atau suara (voice chat).
Anda dapat mengirim pesan dengan teks atau suara kepada orang lain yang sedang
online, kemudian orang yang dituju membalas pesan Anda dengan teks atau suara,
demikian seterusnya, itulah proses terjadinya sosialisasi Chatting.
Chatting tidak hanya populer pada
kalangan remaja saja namun sekarang ini, sudah merambah kalangan dewasa bahkan
orang tua sekalipun. Dengan chatting, kita bebas mengobrol apa saja mulai dari
pekerjaan kantor, persahabatan, pelajaran sekolah, mata kuliah, percintaan dan
perjodohan, sampai dengan hal bersifat pribadi sekali pun. Dengan bebasnya
kadang – kadang membuat chatter – chatter kebablasan tanpa kontrol yang mungkin
dapat membuat chatter lainnya marah dan tersinggung, dengan kata lain para
pengguna Chatting (Chatter) melanggar arti Netiqutte. Walaupun pada saat
chatting, tidak terjadi tatap muka secara langsung, namun hal itu seharusnya
tidak membuat para chatter meninggalkan etika (Netiqutte) ketimuran seperti
dalam pergaulan pada umumnya.
Sehubungan dengan etika dalam
chatting, sudah banyak artikel di blog – blog, situs – situs, atau media
lainnya yang mengulasnya, namun tidak ada salahnya untuk mengingatkan kembali
akan pentingnya hal tersebut, maka pada tips dan trik internet kali ini akan
memberikan tips – tips dan etika yang ada hubungannya dengan chatting.
- Dampak dari media chatting adalah sebagai berikut :
- a) Memberikan kepuasan dikala anak (Remaja) merasa bosan dengan rutinitas dirumah, karena bisa bertegur sapa dan bercanda dengan teman baru nya di dunia maya. Untuk melatih keorganisasian, seorang anak tidak hanya harus bersosialisasi di dunia nyata, tapi di dunia maya pun seperti ituh.
- b) Memberikan pengaruh pada kepribadian anak, karena cenderung mengikuti pola atau karakter lawan chatting nya. Kepribadian anak tidak hanya di pengaruhi oleh lingkungan dalam (Keluarga dan Sahabat) dan Lingkungan Luar (Dunia Maya).
- c) Awal kali para chatter ini menganggap chatt adalah hal iseng, tapi seiring dengan berjalannya waktu akan memberikan rasa kecanduan, yang pada ujungnya lupa waktu akan tugas nya sehari-hari. Kejadian seperti ini dapat mudah di temukan di para remaja saat ini yang menggandrungi Internet, khususnya Chatting.
- d) Membayakan dirinya sendiri, mayoritas pechatter, akan merasa penasaran dengan lawan chatting nya yang berujung pada tukar no hp atau rumah dan kopi darat atau bertemu di dunia nyata. Hal inilah yang kebanyakan dimanfaatkan oleh orang hidung belang / pelaku pedofilia untuk mencari korbannya. Maka kita sebagai orang tua harus bisa mengawasi anak kita dari bahaya ini.
- e) Media ini rentan dan membahayakan karena sekarang ini media chatting sudah sangat canggih, dengan adanya chatting lewat Handphone yang ditawarkan oleh operator seluler baru. Baru ini, penulis pernah menjumpai banyak dikalangan pelajar, yang dikala pelajaran tidak fokus dengan pelajarannya malah berasyik-masyuk chatting lewat hp.
- Pencegahan dampak chatting adalah sebagai berikut :
Berikan pengertian pada akan
mengenai penggunaan dan berapa lama pemakaian internet. Usahakan untuk mencari
lawan chatting yang seusia nya, sekarang ini beberapa handphone sudah bisa
digunakan untuk chatting, sebagai orang tua di minta harus menyita handphone
dikala waktu tidur, karena kebanyakan anak mencuri – curi waktu untuk chatting
tanpa sepengetahuan kita dikala jam tidur. dengan demikian esok pagi anak kita
dapat berangkat dan mengikuti pelajaran di sekolah dengan Fresh.
Awasi dan ikutilah bilamana anak
anda mau ke warnet, berikan pengertian agar apa yang dicari sesuai tujuan,
kebanyakan anak sekolah bila di warnet sedirian atau bersama teman – teman nya
membuka situs porno atau hentai (kartun porno).
Berangkat dari itu semua kami
menyampaikan harapannya semoga kita sebagai orang tua bisa memberi rasa aman
dari pengaruh chatting dan penyalahgunaan nya. Tidak semua pengaruh chatting
memberikan dampak yang buruk bagi kita dan anak – anak kita bilaman kita bisa
memanfaatkan teknologi itu sebaik-baiknya dan bisa membawa diri dalam pemanfaatan
media itu, baik untuk bekerja atau mencari relasi atau teman bisnis baru
- Netiquette
Netiquette merupakan Etika dalam
menggunakan Internet. Internet sebagai sebuah kumpulan komunitas, diperlukan
aturan yang akan menjadi acuan orang-orang sebagai pengguna Internet, dimana
aturan ini menyangkut batasan dan cara yang terbaik dalam memanfaatkan
fasilitas Internet.
Sebenarnya Nettiquette in adalah hal
yang umum dan biasa, sama hal nya dengan aturan-aturan biasa ketika kita
memasuki komunitas umum dimana informasi sangat banyak dan terbuka.
Beberapa aturan yang ada pada
Nettiquete ini adalah:
- a) Harus Sopan, siapa pun teman atau partner chatting kita, mengenalnya atau tidak, jangan sampai kita memperlakukan teman chatting dengan tidak sopan, seperti mengetikkan kata – kata porno atau kata – kata yang kasar (S.A.R.A) atau tidak pantas lainnya.
- b) Jangan memaksakan kehendak, apapun alasan teman chatting sehingga dia tidak mau melayani percakapan dengan kita, kita harus menghormatinya dan tidak boleh memaksanya .ntuk menjawab atau meladeni percakapan kita.
- c) Harus Jujur, usahakan untuk menuliskan sesuatu apa pun dengan jujur (kecuali untuk hal-hal yang menyangkut privasi/ pribadi), karena hal ini akan membuat teman chatting kita percaya dan menghargai kita. Yakinlah bahwa sejelek atau seburuk apa pun, jika kita mengatakannya dengan jujur, orang lain akan menghargai kita dengan baik dan mengangkat topi untuk itu. Sebagaimana sering kita jumpai (bahkan saya sendiri) adalah sulit untuk mengatakan apa adanya, seperti umur, status, atau perkerjaan.
- d) Jangan suka mengganggu dan iseng, walaupun teman chatting keliatan online, belum tentu dia mempunyai waktu untuk melakukan chatting dengan kita, siapa tahu dia mempunyai pekerjaan yang memerlukan konsentrasi. Jika demikian, kita tidak boleh mengganggunya atau mengisenginya dengan mengetikkan “BUZZ” terus menerus.
- e) Jangan pernah membawa Suku, Agama, Ras dan Antar Kelompok (S.A.RA) karena hal ini sangat sensitif yang dapat memicu perselisihan dan yakinlah hal ini tidak akan memberi manfaat apa-apa bagi kedua belah pihak.
- f) Ucapkan salam, tidak ada buruknya jika ucapan salam diterapkan pada saat chatting yang justru dapat menambah suasana keakraban atau sopan. Pada setiap perjumpaan kita bisa mengetikkan “selamat siang, halo, hi, atau senang bertemu Anda kembali”, atau jika ingin mengakirinya, bisa mengetikkan selamat tinggal, bye, atau sampai ketemu lagi.
- g) Jangan menuliskan dengan HURUF BESAR (Kapital) karena hal ini mengandung arti teriakan ataupun sehingga dapat membuat partner chatting marah atau tersinggung.
- h) Aktifkan status offline (Log Out), hal ini dapat menjadi alternatif jika Anda sedang sibuk dan tidak ingin “diganggu” chatter lain, dan ini sah-sah saja.
- i) Jangan terlalu banyak membuka dialog pada saat yang bersamaan, jika Anda tidak ingin dikatakan tidak serius oleh teman chatting Anda, karena harus melayani banyak dialog dengan yang lain. Selain itu, jika sembari menyelesaikan tugas pekerjaan, maka akan sangat mengganggu kelancaran pekerjaan Anda tersebut.
- j) Jangan lupa minta izin kepada partner chatting, pada saat kita ingin meninggalkan komputer, siapa tahu dia sedang menunggu jawaban dari kita.
- k) Jika Anda salah masuk (Room) dengan tema yang tidak Anda sukai, jangan sekali-sekali membelokkan tema obrolan sesuai keinginan Anda, kecuali Anda sudah mendapat mandat dari chatter lainnya. Atau lebih baik Anda keluar dari room tersebut.
- l) Selain etika (Netiqutte) chatting yang telah disebutkan di atas, ada tips chatting lain yang mungkin perlu kita ketahui adalah, antara lain seperti di bawah ini. Gunakanlah nickname yang baik dan sopan. Jangan menggunakan nama asli sebagai nickname Anda.
- m) Jangan pernah memberikan alamat dan nomor telepon kepada chatter yang belum Anda kenal sama sekali.
- n) Jika Anda menggunakan webcam (Kamera Video), jangan sembarangan memberi izin kepada chatter yang tidak Anda kenal.
- o) Jika ingin memview webcam dari partner chatter, harus meminta izin dengan baik-baik kepadanya, kalau pun tidak diizinkan Anda harus menghormatinya.
- p) Jika harus melakukan copy darat (Ketemu), pastikan Anda tidak sendirian, hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
- q) Jangan pernah melayani chatter yang menggunakan kata-kata kasar atau tidak sopan.
- Komunitas Online
Menurut Ferguson, komunitas online
adalah sebuah tempat dimana sekelompok orang berkumpul untuk berbagi sence of
community sebagaimana orang-orang yang tidak saling mengenal memiliki kesamaan
ketertarikan minat, didalam sebuah situs internet yang menawarkan beberapa
layanan onlinr, meliputi beberapa akses kepada lingkungan sosial, layanan
komunitas, informasi resmi, dan layanan e-commerce kepada penghuninya.
Rheingold, dalam The Virtual
Community: Homesteading on the Electronic Frontier menawarkan de3finisiu
sebagai berikut:
Yaitu agregat social yang berbaur
menggunakan media bantun internet, dimana sekumpulan orang melakukan diskusi
public yang cukup panjang, dengan perasaan manusiawi yang wajar, dan membentuk
suatu hubungan jejring hubungan personal didunia maya. Definisi ini menitik
beratkan pada agregasi social antar anggotanya, jaringan komunikasi, diskusi
pada jangka waktu yang cukup lama, perasaan dan hubungan.
Kozinet (2000) membedakan komunitas
virtual sebagai 5 aspek pembedanya sebagai dasar pembedanya, yaitu:
- Berfungsi sebagai papan bulletin elektronik (usenet atau newsgroup)
- Yaitu sebuah web yang berfungsi sebagai aggregator web page yang lain yang disusun secara tematik.
- Yaitu senai surat elektronik yang disatukan pada topic atau minat tertentu.
- Yaitu sebuah lokasi virtual bertema, dimana dimana interaksi distrukturisasi dengan peraturan tertentu. Misalnya multu user platform seperti yang terdapat pada permainan-permainan RPG (Role Playing Game), misalnya Final Fantasy, Counter Strike, dan lain-lain
- Chat rooms. Yaitu lokasi virtual yang tidak bertema, kurang terorganisir, topiknya bias bermacam-macam.
- Macam-Macam Komunitas Online
Macam-macam komunitas online itu
seperti membuat situs jejaring sosial, dan forum. Banyak perusahaan E-Commerce
yang telah sukses dan mendapatkan keuntungan yang sangat besar karena membangun
komunitas online, seperti Facebook, Twitter, Kaskus, dll.
Komunitas online di Indonesia sangat
beragam , mulai dari profesional , penggemar kuliner, sampai para pekerja IT.
Pekerja IT memang wajar jika memiliki dunia online sebab dunia internet
merupakan dunia yang akrab bagi mereka.
Di Indonesia, ternyata banmyak juga
komunitas oline yang bidangnya sangat jauh dari dunia teknologi informasi dan
komunikasi, misalnya dunia kewirausahaan, penulisan, pembelajaran,dan
sebagainya.
- Peranan Komunitas Online dalam Masyarakat.
Komunitas online juga dapat
membentuk suatu aksi sosial ditengah masyarakat. Aksi-aksi sosial yang
dilakukan komunitas online ini pada umumnya merupakan kegiatan positif yang
nyata dengan tujuan membuat suatu perubahan yang lebih baik didalam masyarakat.
Beberapa contoh aksi sosial yang dilakukan komunitas online: Aksi berinternet
sehat dan belajar ngeblog oleh BandungBlogVaganza, Aksi Gerakan Berbagi dan
kampanye keselamatan berkendara oleh DBLOGGER, aksi mengumpulkan buku untuk
disumbangkan oleh DOT’S.
Sosial media yang digunakan oleh
komunitas online dapat menjadi kekuatan yang dahsyat melawan
ketidakadilan,penyimpangan,dan kesewenang-wenangan hukum dan juga pemerintah
yang berkuasa. Baru-baru ini kita melihat betapa dahsyatnya sosial media
membentuk kekuatan massa, yang bisa menjatuhkan pemerintah yang
berkuasa,seperti yang terjadi di Tunisia dan Mesir. Di Indonesia sendiri
kekuatan aksi komunitas online sudah terbukti bisa melawan ketidakadilan dalam
hukum,seperti yang terjadi pada Gerakan Koin Prita dan Gerakan dukung
Bibit-Chandra.
- Manfaat komunitas online.
- Komunitas online bisa jadi solusi paling handal yang sangat menolong jika diikuti. Banyak orang merasakan manfaat dari komunitas online di Indonesia.
- Solusi forum komunitas online adalah hal yang paling dianjurkan karena selain bisa menjalin silaturahmi kita juga bisa saling share dan tentunya saling menolong ketika menemukan masalah ketika online. Di Indonesia banyak orang memiliki website dan blog namun karena tidak mengikuti sebuah forum atau komunitas, website dan blog mereka jadi asal-asalan.
- Melalui komunitas online lah kita bisa saling tukar ilmu untuk kebaikan semua. Website dan blog kita bagus di Indonesia dan bagus di mata dunia.
SUMBER :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar